Tips dalam Pernikahan Batak

Buat kalian, cewek batak yang merencanakan pernikahan ala Batak, ini ada sedikit info yang mungkin ga bisa didapat di internet: 

  • Jangan bikin model kebaya yang pake kerah tinggi di leher belakang, kalo ga mau nyangkut di konde.
  • Suntik Neurobion malam sebelum hari H. Semacam doping kali yah. Kayak gw, gw tidur terakhir itu tanggal 4 Desember sekitar 3 jam dari jam 3 sampe 6 sore. Itu juga tidur2 ayam karena banyak orang seliweran, jam 11 malam pulang GR dari gereja gw langsung ke salon (ya..ya..gw tau kalian nanya, kenapa salonnya ga dipanggil ke rumah), jam 5 subuh gw balik ke rumah, jam 7 udah dijemput buat sibuha-buhai. Nah, kalo ga disuntik, bisa pingsan gw. Kemaren gw beli ampul yang warnanya merah, 6000 harganya.
  • Batasi minum air. Loe ga mau kan bolak balik buka-pasang songket yang ribet itu? Waktu makan sibuha buhai, minum 2 teguk aja, siang di Gedung juga gitu. Bawa permen yang banyak, biar ga asem mulutnya. Teh anget yang disuguhin menjelang sore jangan langsung kalap diminum, tunggu agak dingin dulu. Ntar langsung beser kan bingung. Es krim juga boleh kok dimakan 1 cup aja.
  • Jangan coba-coba makanan pedas. Dari pagi sampai malam di rumah yang loe liat di piring loe adalah ikan mas arsik. Nikmatin ajalah. Karena pesta gw pake kerbau, jadi gw boleh makan babi sedikit. Tapi cukup pada panggang atau sop aja ya. Tapi biasanya sih seharian itu loe ga bakal napsu makan.
  • Bawa tisu sekotak, kertas minyak juga perlu, untuk menjaga tetap cantik di kamera. Bawa juga antis penbersih tangan.
  • Letakkan tissue segera setelah digunakan, Jangan dipegang pegang. Akan kelihatan ganggu banget di kamera. Hal ini berlaku juga nanti kalo udah ibu2 dan loe harus jalan sambil manortor.
  • Jangan bikin ekspresi2 aneh. Seperti menggembung2kan pipi atau berkali kali membersihkan gigi dengan menggunakan lidah kayak gw. Loe kan pusat perhatian kamera, plis deh.
  • Pada saat suruh ngambil tumpak di depan, (kalo kata nyokap gw) jangan lebih dari 3, akan jadi pembicaraan orang2 segedung.
  • Selalu tersenyum, walaupun pegal dan capek.
  • Jari manis kanan akan sakit karena bersalaman dengan banyak orang hari itu. Tapi tetap usahakan jangan memindahkan cincin kawinnya.
  • Saran gw yah, sebaiknya ga usah pake anak-anak yg nabur-naburin bunga apalagi anaknya lucuuu sekali atau cengengg sekali. Penganten harus jadi pusat perhatian kan? Tapi kalo sang anak itu terlalu kecil dan lucu sekali, semua mata (BAHKAN KAMERA VIDEOOOO!!!) menunduk melihat anak itu, lalu tiba-tiba anaknya berhenti di tengah jalan, nangis, balik ke belakang nyari mamanya, semua hadirin tertawa, sang mama tiba-tiba menyeruak ke tengah-tengah rombongan pengantin untuk mengambil anaknya, semua senyum keanggunan loe pupus semuanya… Latihan jalan di malam sebelumnya jadi ga ada gunanya, loe ga diliat orang waktu masuk, lagu mellow yang dilatih sebelumnya jadi ga hikmad. Jadi girls, kalo pun ada saudara yang maksa nawarin anaknya buat jadi pelempar bunga, pilihlah yang udah lumayan gede. Biar ga kacau.

 

Itu dulu deh, nanti kalo ada yang gw inget, gw kasi tau lagi.

 

10

About these ads

22 Comments

Filed under Picture of Me, The Mad Bride

22 responses to “Tips dalam Pernikahan Batak

  1. olas

    hi mee

    gw uda liat foto2 kawin loe, dan tips yg bgs buat cewe2 mau menikah hhehehe

    ga nyangka gw liat jga blog loe dari ruma met2..

    sory gw gak bisa dateng ke kawinan loe, pas bgt gw tugas hehhe

    semoga diberi berkat keturunan yahh Gbu

  2. olas

    hi me

    ketemu juga blog loe

    tips perkawinan bagus juga tuh..

    semoga diberi berkat keturunan yahh

  3. Wildah Nababan

    Horasss ..

    tepat x bah aq nemu blog kk neh,
    soalna dlm wktu dkt neh aq hajatan.

    mauliate da kk^_^

  4. Ledy simanjuntak

    Tau ga sihhhh, foto bapak2 yang ada di kiri atas itu Bapak gw, mama gw yang dibelakangnya.. Ya ampun, ini pesta yang mana yah??

  5. Ledy simanjuntak

    Ko foto bapak mama gw ada di sini ya?? Itu yg di kiri atas..

  6. imme hutajulu

    ga gaul di gereja sih lo, led….
    hehehe.. gw borunya sintua hutajulu, laki gw anaknya sintua br.situmorang….
    lo mo nikah juga ya katanya???

  7. Nita

    Hehe gw lg browsing ‘pnikahan batak’ salah satunya muncul ini, lucu juga, smua hal kecil tapi penting bgt.. sampe antis2 segala masuk dsini hahahhaha..
    thx btw, udah gw tambahin ke check list gw..

  8. vitha br panjaitan

    wah tipsnya bgus jg tuh k,,dr td nyari-2 blok batk gitu tapi g da yg ktemuuu…..
    dlm wkt dkt ne,w da nikah,,,tp da kendala…mo nyari model-2 baju buat pnikahan w susah bnget,,lw bisa minta tlng,kl emang k2k punya gambar baju pengantin yang bagussss….pleacccc…tlng krimin k email saya ya ka…
    mastypanjaitan@yahoo.co.id
    sblmnya thx…buangetttt ne,,,da m bantuinnn
    GBU !!!!!!!!!!!

  9. dr.erika

    wuih..bagus bgt n sangat membantu,,,soalnya kadang kita sepele sama hal2 kecil,krn konsen ke hal2 gede,such as pegang2 tissue n bersihin gigi pake lidah,dn ada bbrp lagi tuh.tengkyu banget yah,gw terbantu banget neh,God bless

  10. dr.erika

    tengkyu banget yah,sangat membantu gw banget,kadang2 kita ngabisin waktu ke hal2 gede pdhal hal2 kecil juga ga boleh dilupain.klu tips buat sepatunya gimana?

    Imme: hai icha… selamat yah? Nikahnya kapan? untuk sepatu, mendingan selop aja, tali2nya di minimalisir ya… karena kalau pake yg bertali2 di pergelangan kaki, suka nyangkut di songket nantinya… GBU too…

  11. via gabe

    waw…bgus y pestanya
    saya mw tanya donk…. saya mw nikah…..n saya tertarik dengan dekorasi dan bunga sanggulnya…saya minta informasiny donk kak tentang itu….
    thanks b4
    GBU….

    Imme: Selamat ya Via…. Via kamu di jakarta dan sekitarnya? Aku kmarin di salon OKTA di daerah Pulo asem jakarta timur. Bunga pangku juga dari dia. Ga begitu mahal juga sih..

  12. xt

    hai Imme.. aku orang jawa, tapi mo merit ma orang batak, rencana kalo Tuhan berkenan nih, akhir tahun ini…
    as javanese, bingung juga mo merit ma orang batak.
    Baju untuk martupol, apa perlu jait juga?
    baju untuk pemberkatan dan resepsi, bisa 1 kebaya aja atau mesti 2?
    rencana sih, resepsi dan pemberkatan tuh di hari yang sama…
    trus, sepatunya bisa ga sih kalo sepatu tali karet yang hak tinggi gitu?
    hehe… banyak banget ya pertanyaannya…
    kalo dirimu sudi (cieeeh), balas ke emailku duonk…
    thanks yah… ^-^v

  13. xt

    tanya lagi, lupa tadi. hehe..kalo nikah cara batak tapi sanggulan cara jawa, aneh ga sih? sah2 aja kan?

  14. imme hutajulu

    Hi sis…

    selamat yah untuk rencana pernikahannya. pasti seneng bgt yah sekarang….

    – untuk baju martupol sih kalo punya kebaya lama yg bagus, sah2 aja dipake. bawahannya pake batik dijahit jadi rok juga ga papa,
    yang penting agak lebih bagus aja dari kebaya sehari2. kan ga lucu yg tamu lebih keren daripada calon pengantennya, hehehe…
    kalo martupol sih ga terlalu gimana bgt sama pakaian, yg lebih penting make up dan tatanan rambut. satu hal yg ga disukai ibu2 batak, misalnya camer kamu, kalo sanggulannya pake acara ada rambut yg dikuncir (ga semua rambutnya tersanggul). kayak sanggul bali gitu, biasanya akan jadi pembicaraan ibu2 sekotamadya. kalo aku kmrn pake rambut sendiri, ga pake sanggul tempel.
    – untuk baju pemberkatan dan resepsi (bukan acara adat kan?), kalo dalam 1 hari sih, kalo aku bilang satu baju aja. kalo ga mau terlalu resmi bersongket, bawahannya diganti rok polos atau kain juga OK sih. Tapi sebaiknya sih pake songket aja. biar agak kinclong’ sedikit dibanding yang hari2 lain.
    – sepatu tali karet sih ga papa juga, asal tetap cantik dan berkelas… hehe….
    – sanggul jawa OK kok, tapi ga usah pake bunga goyang yg diatas itu yah… hehe… 1 lagi masukan aja lho, melatinya jgn nutupin seluruh sanggul ya… aku bilangnya sih nyi blorong bgt… hehe…

    coba aja sering dateng ke pesta2 batak, jadi bisa menilai apa yg kita suka dan ga suka…

    sekali lagi selamat yah sis….

    Tuhan memberkati….

  15. anne

    Lucu banget..gw ketawa ngakak pas bagian tumpak sama anak2 penabur bunga

  16. Pingback: 2010 in review | Ladang Dandelion

  17. lasma jola panjaitan

    thx ya kk atas tips nya,,kak dalam tahun ne rencananya ad hajatan, tp ku bingung dengan model kbaya nya…untuk pemberkatan gk mesti putih kn, alnya seantero dunia orang batak lw pemberkatan pasti bajunya putih…kk ad contohnya gk..

    Imme: Hi Lasma…
    Selamat yah atas rencananya… Untuk warna kebaya udah gak mesti putih lagi kok. Warna apa aja sah-sah aja kok sebenernya. Gold, pink, ungu muda, broken white, banyak kok pilihannya. Kalau bisa, warna jas calon suami kamu disesuaikan dengan warna kebayanya. Untuk modelnya didiskusikan sama tukang jahitnya aja. Karena dia yg lebih tau model yang cocok sesuai badan kita.
    Selamat merencanakan hari bahagia yah….

  18. mantap juga ya Kak…thanks buat info nya

  19. della marbun

    Bagus bangettt…

  20. FRISKA SINAGA

    jelas dan sederhana

    sangat membantu sekali tips nya….

    terimakasih kak…..

  21. marta be

    Tipsnya boleh juga tuh ka,kalo ga keberatan tolong kirim ke emailku donk ka,kebetulan aku ada rencana kawin bulan depan.Alamat emailku martha_be@ymail.com.Makasih banget sebelumnya ka,,,
    GBU

  22. Rinda purba

    kak apa emang perlu ya tas pengantin tu? soalnya aq lihat kl foto kan pegang bunga. trus kl martuppol pake tas jg ya kak? tx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s