Imunisasi

spl008142Salah satu kewajiban orang tua adalah membawa anaknya Imunisasi. Jujur aku (tadinya) buta banget tentang vaksin- vaksin ini. Hanya pernah dengar selewatan, BCG, DPT, tanpa tau untuk apa untuk apanya. Awal awal, pasrah sama DSA nya Radot yang di Hermina Bekasi. Setelah bulan kedua, namborunya Radot bilang, di bidan aja, karena sama aja, dan biasanya bidan lbh telaten. Sip, bulan ketiga, jadwalnya DPT Polio kami ke bidan deket rumah. Pengennya DPT yang ga pake demam. Ternyata di bidan ga punya vaksin spt itu. Adanya DPT biasa yang reaksi anaknya biasanya akan jadi demam. Jadi bidan vaksin polio oral (OPV) aja. Bayar 15rb. Abis itu lgsg janjian sm DSA di Hermina lagi buat DPT nya.
Di Hermina, ternyata vaksin DPT yg tdk pake demam itu (DPaT) udh combo dgn HIB. Dan lumayan mihil sodara2, 600ribuan.
Bulan keempat balik lagi ke DSA nya. Dijadwalkan vaksinasi Rotavirus (diare) dan Pcv. Jeng jeng 1,2 juta aja, boss. Dan itu ada pengulangan lagi, ga cuma sekali.
Mertua sampe geleng-geleng, macem2 aja imunisasi sekarang ini.
Bulan kelima, jadwalnya DPT dan Polio lagi. Teteo kekeh pengen cari yg murah. Hari Sabtu di longweekend, pergilah kita macet-macetan ke bidan dekat rmh. Wktu dilihat awalnya sudah DPaT, katanya ga bisa pake DPT biasa lagi, takut anaknya kejang atau apalah.
Akhirnya nyari2 informasi deh ttg Rumah Vaksinasi yg ada di Bekasi Barat, yang kebetulan juga hari Minggu buka.
Siang ini ke sana, Lokasinya dekat The Green hotel di kayuringin. Lokasinya bagus, dokternya dokter umum, tapi enak. Cukup informatif. Cuma tempat nya itu lho, jorok dan ga terawat. Sayang banget deh. Tadi DPaT+Hib dan Polio  (OPV) kena 500 rb. Berikutnya dijadwalnya rotavirus n hepatitis lagi.
Untuk keterangan masing2 vaksin, browsing sendiri ya buebu.. Takut salah info. Be smart, parents. Cari tahu tentang macem2 imunisasi, at least kita ngerti baca istilah2 yg ada di buku pasien atau KMS anak kita. Dan apa guna masing2 vaksin itu..

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s